InDesign CS4 Lanjutan

Pada pembahasan kali ini merupakan pembahasan lanjutan tentang Indesign CS4, pada waktu sebelumnya telah di jelaskan bahwa InDesign CS4 merupakan softwere yang berbasis pada desain suatu object. Salah satu dari object desain dari InDesign CS4 adalah media publikasi yang salah satunya adalah sertifikat atau biasanya di sebut dengan piagam. Pada laporan kali ini kita akan membicarakan tentang sertifikat itu tetapi bukan masalah dari isi sertifikat tersebut melainkan desain atau cara membuat suatu sertifikat tersebut dengan menggunakan InDesign CS4.
Tetapi sebelim membuat suatu sertifikat tersebut dengan menggunakan InDesign CS4, terlebih dahulu kita harus memahami tool-tool yang perlu di gunakan dalam InDesign CS4 untuk membuat suatu desain sertifikat. Tool-tool pada InDesign CS4 yang perlu di gunakan kurang lebih adalah seperti di bawah ini :
Welcome screen : merupakan tampilan awal pada saat mengaktifkan InDesign CS4 yang didalamnya terdapat “create new document” yaitu tool untuk membuat document baru.
Margin : merupakan pengaturan batas-batas tulisan atau objek pada lembar kerja kita. Untuk menggunakanya dengan cara klik Menu Layout > margin and coloumn.
Document setup : merupakan pengaturan tentang properties dari dokumen lembar kerja kita bisa meliputi ukuran kertas dan sebagainya. Klik Menu File> document setup.
Rectangle frame tool : merupakan tool yang dapat di gunakan untuk membuat suatu frame rectangle, selain membuat frame yang berbentuk rectangle kita juga dapat memilih bentuk yang lainya.
Snaping : merupakan cara untuk membuat rectangle yang secara otomatis tepat pada margin guide, dengan cara klik Frame tool terlebih dahulu > dekatkan pointer pada margin > setelah bentuk margin berubah drag hinggga membentuk bangun yang di inginkan.
Corner option : mengubah bentuk sudut pada halaman lembar kerja kita, caranya adalah klik Menu Object > corner option.
Polygon tool : merupakan tool yang di gunakan untuk membuat bangun yang dapat di tententukan jumlah sudutnya, ketebalan bangunya dan yang lain.
Color swatches : untuk merubah warna pada object
Strok > warna pada garis
Fill > warna pada bangun
Drop shadow : merupakan panel atau window yang dapat memberikan effect bayangan pada object, untuk melakukannya dengan cara berikut klik panel effect > drop shadow > sesuaikan bayangan yang di inginkan.
Type tool : merupakan tool yang di gunakan untuk membuat texs ,dengan cara klik type tool > drag area > tulis texs yag di inginkan. Unutk merubah warna klik selection tool > seleksi tulisan > rubah warna pada color swatches
Glyphs : merupakan panel yang di gunakan untuk menentukan suatu bentuk yang berbeda pada suatu huruf, caranya klik Menu Window > type and tables > glyphs (alternate for selection)
Type on patch : merupakan tool yang tidak jauh beda dengan Type tool, hany saja pada Type on patch bentuk tulisan menyesuaikan pada bentuk bangun yang di berikan texs, caranya klik type on patch > arahkan pointer ke suatu bangun (frame) hingga berubah bentuknya > klik dan tuliskan huruf atau texs yang di inginkan.
Setelah memahami tool-tool di atas kita mulai dapat memulai mengerjakan suatu design sertifikat dengan mengguanakan InDesign CS4. Langkah-langkah yang perlu di lakukan untuk membuat suatu sertifikat adalah seperti di bawah ini :
Membuat border :
Klik rectangle frame tool membuat frame dengan menggunakan teknik snaping, mengatur corner option dengan ketentuan rounded,4p6
Klik type on patch tool mengatur glyphs nya dengan ketentuan jenis huruf adobe Caslon pro,46.68 pt, justify. Setelah itu atur type on patch option dengan ketentuan rainbow, flip baseline to any, spacig 0
Klik color swatches panel membuat warna baru dengan ketentuan C100, M50, Y100, K0
Klik effect panel pilih drop shadow dan mengatur drop shadow dengan ketentuan multiply, 40% opacity, distance 0p3
Membuat header :
Klik type tool, drag area untuk text, kemudian atur text dengan ketentuan jenis huruf adobe casian pro,56 pt, bold
Klik color swatches panel klik pada warna yang di pakai sebelumnya
Klik effect panel pilih drop shadow dan mengatur drop shadow dengan ketentuan multiply, 40% opacity, distance 0p3
Membuat body :
Klik type tool, drag area untuk text, kemudian atur text dengan ketentuan jenis huruf adobe casian pro,14 pt, italic
Membuat nama :
Klik type tool, drag area untuk text, kemudian atur text dengan ketentuan jenis huruf adobe casian pro,36 pt
Klik color swatches panel klik pada warna yang di pakai sebelumnya
Membuat tanggal :
Klik type tool, drag area untuk text, kemudian atur text dengan ketentuan jenis huruf adobe casian pro,18 pt, italic
Membuat tanda tangan :
Klik type tool, drag area untuk text, kemudian atur text dengan ketentuan jenis huruf adobe casian pro,14 pt
Membuat garis :
Klik line tool dan atur ketebalan garis sesuai denganketentuan,23p0
Membuat logo :
Klik polygon tool dan atur sesuai ketentuan 48 side,25% inset
W 11p, H 11p
W 7pd, H 6p6
Klik effect panel pilih drop shadow dan mengatur drop shadow dengan ketentuan multiply, 60% opacity, distance 0p3, size 0p1
Klik color swatches panel membuat warna baru dengan ketentuan C1, M18, Y74, K0
Fill > menggunakan warna di atas
Strok none
Demikian langkah-langkah yang di gunakan dalam mendesign suatu sertifikat atau piagam. Dalam proses pembuatan sebenarnya tidak ada kendala atau kesulitan yang cukup berat, hanya saja dalam pembuatan suatu design apabila menginginkan hasil yang optimal maka memerlukan juga ketelitian yang cukup baik dan kinerja yang ulet dan telaten.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: